Sunday 23 November 2014

ulasan

 

Naruto (ナルト) adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya.


Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007.




Perkembangan dan popularitas

Sekarang Naruto adalah manga yang paling terkenal dan naik daun di seluruh dunia. Sejak awal penerbitannya, Naruto telah memancing permunculan ribuan situs fan yang berisi informasi rinci, panduan, dan forum internet tentang manga ini. Beberapa situs terkenal muncul setelah versi Inggrisnya diterbitkan pada bulan Agustus 2003. Selain itu, muncul pula situs-situs yang menyediakan pindaian manga versi Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris maupun Indonesia yang dapat didownload secara gratis.

Volume 7 dari serial ini berhasil memenangkan Quill Award untuk kategori best graphic novel di Amerika Utara.[1] Sementara dalam sebuah poling 100 Anime terbaik versi TV Asahi, Naruto menempati peringkat 1.[2]
Jalan Cerita

    Prologue

Tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban banyak berjatuhan....akhirnya ada seseorang yang berhasil menyegel Kyuubi itu ke tubuh Naruto, seseorang yang berhasil menyegel siluman rubah ekor itu dikenal sebagai Yondaime Hokage,Hokage ke 4 atau Namikaze Minato yang tidak lain adalah ayah dari Naruto. Begitu kuatnya Kyuubi sehingga penyegelan itu harus dibayar dengan kematian Yondaime Hokage sendiri.

    Awal Cerita

Tiga belas tahun kemudian, tersebutlah seorang remaja bernama Naruto Uzumaki yang sering membuat onar di desa Konoha. Naruto melakukan hal itu karena menginginkan perhatian dari penduduk desa yang menjauhinya karena rubah di tubuhnya. Naruto kemudian di tipu oleh seorang pengkhianat untuk mencuri gulungan rahasia dari Hokage ke 3 (Sarutobi Hokage), Naruto yang polos melakukan hal tersebut dan berhasil mencuri serta mempelajari jurus seribu bayangan. Setelah tahu bahwa dia dimanfaatkan Naruto menolak memberikan gulungan tersebut. Naruto kemudian ditolong oleh guru Iruka yang merupakan guru favorit Naruto. Dialah orang yang pertama kali mengakui keberadaan Naruto, karena dulu guru Iruka pernah mengalami hal yang sama yaitu hidup tanpa orang tua, dan selalu diselimuti kesendirian.

   

Tokoh

Deskripsi Tokoh

    Naruto Uzumaki


Naruto Uzumaki adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang ninja dari desa Konoha, Salah satu desa militer terkuat di dunia ninja. Naruto dikarakteristikkan sebagai seorang ninja yang penuh kejutan, bersemangat, ceria, hiperaktif, kikuk,lugu, dan sangat ambisius dalam meraih cita-citanya untuk menjadi seorang Hokage, ninja terkuat di Konoha. Dalam tubuh Naruto, tersegel seekor monster rubah ekor sembilan yang pernah menyerang dan hampir menghancurkan desa Konohagakure segel tersebut dibuat oleh ayahnya yondaime (minato namikaze) hokage ke 4 yang menimbulkan kematian pada ayahnya. Karena monster yang ada dalam tubuhnya itulah, ia dijauhi oleh penduduk desa di masa kecilnya hingga ia bertekat membuktikan kepada masyarakat di Konoha bahwa ia akan menjadi Hokage agar ia bisa diakui di desa itu, sekaligus menjadi incaran ninja-ninja yang menginginkan kekuatan Kyuubi, si rubah ekor sembilan.

Ia sangat menyukai Sakura Haruno, namun cintanya bertepuk sebelah tangan karena Sakura lebih menyukai Sasuke daripada Naruto. Naruto adalah putra dari Hokage ke-4 yang bernama Minato Namikaze atau lebih dikenal dengan Yondaime Hokage dan ibunya Kushina Uzumaki.Perkembangan Naruto sedikit lebih lambat jika dibandingkan ninja-ninja sebayanya,namun sekali berkembang ia bisa menjadi cukup kuat.Dalam Naruto Shippuden,setelah berlatih 2,5 tahun dengan Jiraya,Naruto sudah lebih kuat dan lebih dewasa,dan kemampuannya meningkat karena Fuuton:Rasenshuriken yang merupakan teknik lebih jauh dari jurus Rasengan yang dipadukan dengan elemen angin.Naruto menggunakan jurus ini untuk memlumpuhkan Kakuzu,salah satu anggota Akatsuki.

Setelah kematian Jiraya,Naruto sangat sedih dan terpukul namun dimotivasi oleh sensei terdekatnya sejak kecil,Umino Iruka dan akhirnya ia pergi ke Myobokuzan bersama Tuan Fukasaku untuk mempelajari Senjutsu.Dengan Senjutsu inilah Naruto mengalahkan Pain,salah satu anggota Akatsuki yang terkuat.Ia hampir membunuh Nagato,sosok asli Pain sebenarnya,namun tertarik mendengar cerita mereka begitu mengetahui Nagato juga murid Jiraya.Akhirnya dengan tekadnya,Naruto berhasil meyakinkan Nagato bahwa ia akan meraih perdamaian suatu saat nanti,dan Nagato memilih untuk percaya padanya.

Naruto bertemu Sasuke setelah Sasuke membunuh Danzo,Hokage keenam,dan berusaha untuk membujuknya kembali ke Konoha bersama Sakura namun tidak berhasil.Ia berlatih di Pulau Kura-kura bersama Killer Bee untuk menguasai chakra Kyuubi,dimana Naruto bertemu dengan ibunya di alam bawah sadarnya.Setelah mengetahui tentang Perang Dunia Ninja Keempat,Naruto dan Bee keluar dari pulau dan menuju medan perang,dimana mereka melawan Itachi dan Nagato dan sempat membalikkan keadaan dengan menekan musuh.

Pada akhirnya Naruto bersama Aliansi Shinobi berhasil menekan musuh namun Madara Uchiha dan Tobi berhasil membangkitkan Juubi walau belum sempurna,dan dimulailah pertarungan seru antara Kyuubi dan Hachibi melawan Juubi.



    Sakura Haruno



Sakura adalah salah satu rekan satu tim sekaligus wanita idaman Naruto, namun ia lebih menyukai Sasuke daripada Naruto. Dia adalah seorang ninja berbakat yang selalu mendapat nilai sempurna di setiap ujian yang diikutinya. Sakura memiliki kepribadian yang unik dan seringkali ia bertindak di luar nurani untuk menjaga citranya sebagai seorang wanita yang baik dan anggun yang sering disebut dengan "nurani Sakura".

Sakura terlihat sebagai ninja yang tidak terlalu kuat di Bagian 1,namun pada Naruto Shippuden kemampuannya meningkat pesat setelah menjadi murid Tsunade.Sakura dapat menyembuhkan luka dengan cepat,membatalkan genjutsu,dan membuat luka fatal dengan cakra yang dikumpulkan pada tangannya saat memukul.Keahliannya terlihat ketika Sakura menyembuhkan Kankuro dari racun Sasori,salah satu anggota Akatsuki.Sakura dan Naruto terikat janji seumur hidup ketika Naruto bersumpah akan membawa Sasuke pulang ke Konoha,namun janji itu pudar ketika Sakura menemui Naruto di Negara Tetsu dan mengatakan bahwa ia sekarang lebih menyukai Naruto daripada Sasuke,namun Naruto mengetahui bahwa Sakura tidak bersungguh-sungguh dan menganggapnya hanya 'pembohongan diri sendiri'.

Saat Perang Dunia Shinobi Keempat berlangsung,Sakura bertugas di bagian medis dan berhasil membekuk Zetsu Putih yang menyamar menjadi Neji dan mengungkap rahasianya bersama Shizune.

    Sasuke Uchiha



Sasuke adalah teman satu tim Naruto bersama dengan Sakura. Ia adalah seorang ninja berbakat yang selalu menyendiri dan jarang bergaul. Sikapnya yang dingin serta kemampuan bertarung yang tinggi membuatnya dinilai banyak wanita terutama Sakura dan Ino.

Ia memiliki masa lalu yang kelam dan -sama seperti Naruto- hidup sendirian; tanpa teman dan keluarga. Cita-citanya adalah untuk menjadi ninja yang kuat dan membunuh Itachi Uchiha, kakak kandungnya, yang bertanggung jawab atas kematian seluruh keluarganya.Saat menyadari bahwa kemampuannya hanya berkembang sedikit semenjak di Konoha,Sasuke pergi ke Orochimaru dan menjadi muridnya untuk mencari kekuatan lebih banyak.Setelah membunuh Orochimaru,Sasuke pergi mencari Itachi dan meminta jawaban kenapa ia membunuh semua klan Uchiha.Pertarungan dahyat terjadi antara Sasuke dan Itachi,yang akhirnya dimenangkan Sasuke karena Itachi terlalu berlebihan mengeluarkan jurus-jurus mematikannya.

Sasuke dipulihkan oleh Tobi yang mengaku sebagai Madara Uchiha,menjelaskan kehidupan Itachi dan akhirnya menyulut dendam Sasuke yang kedua,bersama Karin,Jugo,dan Suigetsu,Sasuke hendak pergi untuk menghancurkan Konoha namun terlambat karena Konoha sudah rata dengan tanah setelah serangan Pain.Sasuke akhirnya mengubah tujuan ke Konferensi Lima Kage dan disana ia bertarung dan membunuh Danzo,serta bertemu Naruto untuk yang kedua kalinya namun pergi bersama Tobi.

Ketika Perang Dunia Ninja Keempat berkobar,Sasuke memilih untuk mengabaikan dan mengambil Mangekyo Sharingan Itachi, membuatnya memiliki Eternal Mangekyo Sharingan seperti Madara Uchiha.Ketika bertemu dengan Itachi Edo Tensei yang dihidupkan Kabuto, Sasuke dan Itachi bekerjasama dan akhirnya berhasil membunuh Kabuto dengan Susano'o gabungan.

Sai

 Sai (サイ Sai?) adalah salah satu tokoh manga dan anime Naruto. Dia adalah seorang ANBU dari roots yang tidak memiliki perasaan. Kemunculan Sai dianggap sebagai pengganti Sasuke yang membelot ke pihak Orochimaru.

 Sai adalah seorang ANBU yang berasal dari divisi roots. Motto roots adalah tidak memiliki perasaan, teman, rumah, dan masa lalu. Yang mereka punya hanyalah misi. Sehingga membuat Sai tidak memiliki kemampuan untuk merasakan dan mengekspresikan emosi. Nama Sai sendiri adalah codename yang diberikan Danzo kepadanya, sedangkan nama aslinya tidak diketahui.Awalnya di Roots, Sai bertemu dengan seorang "teman" yang dianggap sebagai kakaknya yang kebetulan juga memiliki hobi menggambar. Dia sangat senang berharap dapat bersama-sama dengan "kakaknya" menjalani misi bersama-sama. Namun sayang, kakaknya kemudian meninggal karena suatu penyakit yang membuat Sai sendirian dan menjadi tidak berperasaan lagi

 Sai adalah nama sandi sedangkan nama aslinya tidak diketahui. Sai berperawakan langsing, ia memakai baju hitam dengan lengan asimetris, menggunakan sarung tangan, dan bajunya terbuka di bagian pusar. Rambutnya lurus dan hitam, matanya juga hitam. Dia selalu menunjukkan senyum buatan, karena dia mempelajarinya di buku bahwa senyum dapat mencairkan suasana dan dapat menipu orang. Dia sering bertutur kata tidak sopan tanpa ekspresi wajah sedikitpun, sehingga membuat Naruto dan Sakura sangat jengkel kepadanya. Hobi Sai adalah menggambar, namun dari sekian ratusan gambar yang ia buat, tidak ada satupun gambar yang diberinya nama karena ia tidak merasa apapun pada saat menggambar.

 Kemampuan Sai termasuk unik, dia menggunakan tehnik yang bisa membuat benda yang dilukisnya menjadi nyata dengan medium kertas khusus. Dia bisa membuat tikus, burung, harimau, bahkan menghilang dengan medium ini. Biarpun tidak seekstrim kibaku nendo milik deidara, tetapi tetap bisa mematikan.

    Hatake Kakashi



Kakashi Hatake adalah guru pembimbing sekaligus rekan satu tim Naruto. Meskipun terlihat lemah, ia adalah seorang ninja jenius yang memiliki sharingan, sebuah kemampuan garis keturunan khusus klan Uchiha yang ia dapatkan dari almarhum temannya, Obito Uchiha (teman Kakashi saat masih menjadi Chuunin; ia mati saat menjalankan misi dari Yondaime). Dia tipe orang yang santai dan acuh, namun dapat bertindak cepat dan serius apabila diperlukan. Seringkali ia terlihat sedang membaca sebuah buku yang berjudul Icha Icha Paradise! (Datanglah Surga!) yang dikarang oleh Jiraiya. Satu hal yang menarik dari Kakashi adalah mulutnya tidak pernah diperlihatkan kepada pembaca. Mulutnya selalu ditutupi, tidak hanya saat ia bertugas tetapi baik waktu tidur [dengan buku Icha Icha Paradise nya] maupun waktu di tempat permandian [dengan handuk]. Dalam anime, Naruto,dkk pernah mencoba melihat wajah Kakashi, namun usaha mereka gagal.

Kakashi menguasai Mangekyo Sharingan,yang digunakannya untuk menghilangkan lengan Deidara saat bertarung di dekat markas Akatsuki.Ia juga membunuh Kakuzu setelah dilumpuhkan Naruto dengan Fuuton:Rasenshuriken.Kakashi bertarung melawan Pain Tendo saat penyerangan Konoha,ditambah Pain Shurado yang membuatnya kewalahan.Dibantu Chouji dan Choza,ayah Chouji, mereka berhasil membunuh tubuh Shurado namun Kakashi tewas karena memaksakan diri menggunakan Mangekyo sharingan dua kali pada masa kritisnya.Ia beserta seluruh penduduk desa yang tewas saat invasi Pain dihidupkan lagi oleh Nagato yang telah mempercayai Naruto sebagai pembawa perdamaian,dan Kakashi berpartisipasi dalam Perang Dunia Ninja Keempat setelah hampir diangkat menjadi Hokage.

Yamato


 Yamato (ヤマト Yamato?) adalah nama seorang tokoh fiktif dalam serial anime dan manga Naruto. Nama aslinya adalah Tenzo (テンゾウ Tenzo?). Ia merupakan anggota pasukan ANBU. Yamato ditugaskan oleh Tsunade untuk mengawasi Kelompok 7, terutama Sai, seorang anggota baru di kelompok tersebut. Yamato merupakan salah seorang korban eksperimen Orochimaru dan merupakan satu-satunya korban yang selamat.

Tokoh Yamato digambarkan bersifat baik dan mencintai perdamaian. Namun saat marah, ia bisa mengeluarkan muka terornya yang ditakuti Naruto. Yamato memiliki wajah yang mirip dengan Hokage Pertama. Ketika menjalankan misi bersama Tim 7, Yamato dapat membuat sebuah rumah besar dari kayu dan menyebutnya sebagai tempat berkemah, sementara Sakura menyangkalnya dan mengatakan bahwa itu tidak bisa dikatakan berkemah. Dia berbeda dengan Kakashi dalam hal metode pengaturan tim. Dia menggunakan "Pengendalian dengan Teror" dalam menegakkan disiplin. Dia bahkan mengancam akan mengkandangkan timnya jika tidak bisa akur satu sama lain.

 Sebagai pembawa gen Hokage Pertama, ia memiliki kekuatan untuk menggabungkan cakra jenis air dengan jenis tanah untuk menjadi elemen kayu. Ia juga memiliki kekuatan untuk mengontrol kekuatan Jinchuuriki Naruto


Guy
Might Guy (マイト・ガイ Maito Gai?) adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Sifatnya selalu bersemangat dan berapi-api menyebabkan dirinya diberi gelar Might. Kata "Might" sendiri berasal dari sebuah humor sindiran untuk "pahlawan yang selalu bersemangat" yang muncul dalam beberapa cerita superhero. Sebagai contoh, sebuah robot dari anime Might Gaine, Yuusha Tokkyuu Might Gaine, mendapatkan nama tersebut karena sikapnya yang selalu bersemangat dan terlihat "norak".)Guy berbadan kurus dengan otot besar, mirip seperti Bruce Lee. Dia adalah saingan terberat Kakashi dan memimpin sebuah tim yang beranggotakan Neji Hyuga, Rock Lee dan Tenten yang selalu ia banding-bandingkan dengan tim 7 asuhan Kakashi. Ia juga yang (mungkin) memberikan pengaruh besar pada penampilan maupun sifat Lee. Rambutnya yang super nge-bob juga ditiru oleh Lee. Dia juga punya ciri khas pose lelaki sejati yang membuatnya tampak eksentrik. Meskipun demikian, dia bisa terlihat serius.

Kemampuannya sebagai ninja banyak terfokus pada taijutsu. Gerakannya sangat cepat seperti yang diperlihatkan saat penyerbuan shinobi Suna ke Konoha. Jutsu-jutsu taijutsu seperti omoto renge, Konoha senpuu dan urarenge dikuasai olehnya. Dia juga mempersenjatai diri dengan nunchaku. Kemampuan fisiknya sangat besar, seperti saat dia menahan serangan kisame, yang notabene bertenaga monster.  Jurus terkuat yang sampai saat ini diperlihatkan ialah;  -Morning Peacock (atau dalam bahasa jepang yaitu Asa Kujaku). Jurus ini membuat pukulan yang dilancarkan penggunanya membakar targetnya hingga hangus dengan pukulan cepat bertubi-tubi.  -Jurus pukulan "Hirudora". Jurus ini merupakan pukulan sangat cepat. Setelah membuka ketujuh dari Delapan Gerbang, pengguna menempatkan telapak menghadap ke depan di depan wajah mereka dengan satu tangan dan kemudian menepuk itu dengan tangannya yang lain, dibentuk menjadi sebuah tinju, yang menciptakan sejumlah besar tekanan udara. Berikutnya, pengguna membentuk segel tangan unik menyerupai harimau, yang meluncurkan tekanan udara pada lawan dalam bentuk harimau, dengan meninggalkan kesan harimau berbentuk raksasa ke tekanan udara awalnya sudah dibangun dengan segel tangan. Tekanan udara akan mengembun seperti itu bergerak dan difokuskan ke satu titik.  Guy juga bisa membuka delapan gerbang [Hachimon] hingga gerbang ke delapan tanpa kesulitan, bertolak belakang dengan Lee yang susah payah membuka gerbang ke enam.
    Rock Lee
Rock Lee adalah nama seorang tokoh fiktif dalam seri anime dan manga Naruto. Rock Lee adalah salah satu teman sedesa Naruto Uzumaki. Ia tergabung di Tim 9 bersama guru Guy, Neji Hyuga, dan Tenten. Namun, kemudian tim 9 berganti nama menjadi "Tim Guy"




    Neji Hyuga



Neji adalah seorang keturunan clan terkenal di Konoha yaitu clan Hyuga. Clan ini terkenal akan kemampuan mata yang disebut dengan 'byakkugan'nya. Berbeda dengan Hinata, Neji berasal dari cabang keluarga Hyuuga kalangan bawah yang harus mengabdi pada kaum kalangan atas Clan Hyuga. Semula ia membenci Hinata karena hinata suka sama agunk dan kaum kalangan atas karena dianggap penyebab kematian sang ayah tercinta. Neji juga semula percaya bahwa tiap manusia hidup hanya menuruti takdir dan tidak dapat mengubahnya. Tetapi, setelah bertarung dan dikalahkan Naruto pandangannya pun berubah terhadap takdir maupun Hinata dan Kalangan atas serta tahu alasan sang Ayah meninggal.

Neji membantu Naruto dan kawan-kawannya melawan Kidomaru,murid Orochimaru yang memiliki postur seperti laba-laba.Pada Bagian 2 diceritakan bahwa Neji telah menjadi seorang Jounin,dan membantu timnya melawan Kisame,salah satu anggota Akatsuki yang disebut Biju tak berekor.Neji berpartisipasi dalam Perang Dunia Shinobi keempat,namun pada akhirnya tewas ketika mengorbankan nyawanya sendiri melindungi teman-temannya dari serangan Juubi.



    Tenten

Tenten (テンテン Tenten?) adalah seorang karakter fiksi dalam serial anime dan manga Naruto yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto. Dalam cerita itu, dia adalah anggota dari Tim Guy yang terdiri dari Neji Hyuga, Rock Lee, dan dirinya sendiri.  Dalam beberapa versi asing, nama Tenten diubah menjadi Ama, dari kata "Ama kudari", yang berarti "keturunan dari surga". Hal ini menyebabkan beberapa fans salah paham dan menganggap bahwa "Ama" adalah nama belakangnya.  Dalam sesi wawancaranya di Second Official Databook, Masashi Kishimoto menyebutkan bahwa Tenten adalah salah satu tokoh yang disukainya.Hanya sedikit yang diketahui mengenai Tenten, karena Ia jarang tampil di Naruto. Ia memiliki tekad yang besar agar suatu hari dapat menjadi ninja permpuan yang hebat seperti Tsunade. Dalam manga Naruto, pertarungannya dengan Temari pun bahkan hampir dilewatkan seluruhnya yang berakhir dengan kekalahannya dengan sangat cepat. tapi tenten mempunyai tekad yang kuat seperti anak laki-laki dia tidak suka orang lemah.

Kemampuan Tenten tidak berbeda dengan ninja lain, yaitu melemparkan senjata-senjata ninja seperti kunai, shuriken, atau Fuuma shuriken. Tapi yang menarik dari kemampuan Tenten dalam persenjataan adalah kemampuannya untuk mengeluarkan senjata sebanyak banyaknya dari gulungan yang ia bawa. tetapi kemampuan persenjataan Tenten bisa dibilang lebih hebat dari yang lain,karena dia bisa mengeluarkan lebih dari 1000 suriken melalui gulungannya dalam waktu bersamaan.

    Asuma Sarutobi

Asuma Sarutobi (猿飛アスマ Sarutobi Asuma?) adalah nama seorang karakter fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Ia adalah pemimpin sekaligus guru pembimbing tim 10, mengetuai Shikamaru Nara, Choji Akimichi, dan Ino Yamanaka. Ia selalu menghisap rokok dan biasa menghisap dua bungkus rokok setiap harinya, meskipun kadang-kadang ia menghentikan kebiasaan itu jika sesuatu sedang terjadi atau jika ada suatu hal yang mengganggu pikirannya. Di serial Naruto Shippuden, diketahui bahwa Asuma adalah anak dari Hiruzen Sarutobi, sekaligus paman dari Konohamaru.

 Asuma pernah menjadi satu dari 12 Ninja Penjaga Api, ninja-ninja yang terpilih dan sangat terlatih yang bertugas menjaga pemimpin Pulau Api, sebelum akhirnya kembali mengabdi sebagai Jonin di Konoha.  Asuma sering mengkhawatirkan kondisi tim yang ia pimpin, yang (seperti yang dikatakannya) terdiri dari "tukang makan" (Choji), "tukang menghina" (Ino), dan seorang "pemalas" (Shikamaru). Asuma memiliki hubungan yang sangat dekat dengan timnya meskipun ia merasa bahwa sifat-sifat mereka membuatnya sulit untuk dapat bekerja sama dengannya. Untuk mengakalinya, Asuma seringkali "menyuap" atau "menipu" timnya agar berbuat seperti yang ia mau. Sebagai contoh, ia sering membujuk Choji dengan menjanjikan makanan jika Choji dapat menyelesaikan tugasnya. Ia juga pernah memberikan semacam puzzle kepada Shikamaru untuk mencari tahu seberapa besar kecerdasannya sebagai ganti tes I.Q. tertulis, karena ia tahu Shikamaru tidak akan mau mengikuti tes I.Q. tertulis karena sifat malasnya. Dalam tes I.Q. tersebut, ia mengetahui bahwa Shikamaru adalah seorang jenius dengan I.Q. lebih dari 200.  Asuma menggunakan trench knives untuk bertarung, yang ia perkuat dengan cakranya sehingga senjata tersebut menjadi lebih mematikan dari senjata biasa. Pada serial Naruto Shippuden, ia menunjukkan kemamampuannya untuk memanjangkan senjata tersebut. Ketika ia mendemonstrasikan chakra elemen angin kepada Naruto Uzumaki, Asuma menjelaskan bahwa senjata-berchakra miliknya sedemikian kuat hingga dapat menghancurkan batu yang keras. Kombinasi senjata-berchakra dengan kemampuan taijutsu tingkat tinggi miliknya menjadikan Asuma sebagai salah satu petarung hebat di Konoha.  Secara tersembunyi, Asuma diceritakan memiliki ikatan cinta dengan Kurenai Yuhi. Keduanya seringkali terlihat sedang berdua, dan pernyataan tokoh cerita lainnya semakin memperkuat dugaan bahwa keduanya saling menjalin kasih. Ketika Kakashi Hatake bertemu dengan mereka, Kakashi bertanya apakah mereka sedang berkencan, Asuma merespon cepat dengan mengganti topik pembicaraan. Dalam sebuah cerita kilas-balik, Asuma diceritakan membeli sebuah bunga untuk seseorang yang tak disebutkan namanya. Ketika Asuma bertarung dengan Hidan, Kurenai ditampilkan secara singkat di beberapa bagian, menggambarkan kekhawatiran Kurenai terhadapnya. Beberapa saat kemudian, ketika Kurenai sedang menyiram bunga, sehelai kelopak jatuh bersamaan dengan terlukanya Asuma dalam pertarungan. Ketika Kurenai diberitahu tentang kematian Asuma, ia tertunduk sedih, dan kemudian meletakkan karangan bunga pada upacara kematian Asuma. Hubungan mereka ditampilkan secara jelas di serial Naruto Shippuden, digambarkan Kurenai yang sedang mengandung anak hasil hubungannya dengan Asuma.

    Shikamaru Nara

Shikamaru Nara (奈良シカマル) adalah salah satu tokoh protagonis dalam serial manga dan anime Naruto. "Shika" berarti rusa dan "maru" bisa berarti "lingkaran" atau "berkembang dengan baik" tetapi biasa digunakan sebagai nama anak lelaki. Nara juga adalah salah satu nama prefektur dan kota di Jepang yang memiliki taman dengan banyak rusa.

 Shikamaru adalah seorang anak dari klan Nara yang seangkatan dengan Naruto. Dia sangat pemalas, tetapi baik hati. Dia bersama Naruto, Kiba, dan Chouji sering ditegur oleh guru Iruka Umino. Sesungguhnya Shikamaru adalah anak yang pintar. Tingkat kecerdasannya (IQ) mampu mencapai 200. Kekurangannya adalah gemar tidur siang sambil memandangi awan daripada berlatih ninjutsu. Chouji bahkan berkata bahwa Shikamaru bisa saja melebihi Sasuke.  Setelah lulus dari akademi, dia satu kelompok bersama Chouji dan Ino di bawah bimbingan Asuma. Dia menyebut dirinya sendiri sebagai "penakut nomor satu" dan "paling jago melarikan diri," padahal dia hanya tidak ingin menggunakan kekuatannya dan malas berurusan dengan orang, apalagi mempertaruhkan nyawa. Shikamaru tidak mempunyai cita-cita yang tinggi, dia hanya ingin menjadi ninja biasa. Ia berharap agar menikah dengan perempuan yang tidak cantik tetapi juga tidak jelek, lalu punya dua orang anak. Ia juga berharap agar anak pertamanya berjenis kelamin perempuan, sedangkan anak keduanya laki-laki. Dan ia berencana setelah anak pertamanya menikah, dia akan pensiun dari dunia ninja untuk terjun ke bidang pertanian.  Di Ujian Chuunin, dia bertemu dengan Temari. Walaupun begitu, sepertinya terjalin hubungan aneh di antara keduanya. Ia pernah mengatakan bahwa Temari adalah gadis yang manis saat misi pengejaran Sasuke. Sebagai pemimpin tim, dia sangatlah cocok karena dapat berpikir cepat dan logis. Kelebihannya satu ini seringkali menyelamatkan dirinya dan teman-temannya dari kematian. Dia juga sangat menggemari shogi, dan acap kali menang bermain melawan Asuma. Dia adalah satu-satunya shinobi yang naik menjadi chuunin di ujian kali ini.

Shikamaru berambut lurus dan diikat keatas, seperti samurai. Rambutnya hitam dan bagian dahinya dibiarkan terbuka.memakai anting dikedua telinganya. Pelindung kepala yang dipasang di lengan bagian kirinya. Wajahnya sangat mencirikan dirinya, pemalas dan cuek. Setelah ujian chuunin, dia mengenakan jaket pelindung dari desa sebagai pengganti jaketnya yang lama. Dia mengenakan celana 3/4 berwarna hijau. Setelah naruto II, dia mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang berwarna hitam. Dia tidak begitu tinggi, hampir seperti Naruto.

Shikamaru memiliki kelebihan di bidang strategi dan taktik. Hal ini tak lain karena dia memiliki IQ diatas 200 (genius). Kecerdasannya hanya bisa dilampaui oleh Kakashi. Bahkan Kakashi pun dibuat heran dengan kecepatannya dalam menyusun strategi. Kegeniusannya Shikamaru dibuktikan ketika dia berhasil menjebak Temari, Tayuya, bahkan anggota Akatsuki yang terkenal hebat dan sadis,Hidan dan Kakuzu. Meski kekuatan /chakra yang dimilikinya tidak sekuat teman-temannya, namun dengan kecerdasannya dia bisa membalikkan keadaan genting seperti apapun menjadi kemenangan gemilang. Ini juga didukung kemampuan klannya yaitu mengendalikan bayangan. Dengan kemampuannya ini dia bisa menjebak musuh masuk ke perangkapnya dengan kecerdasannya. Hanya saja dia kurang berlatih, lebih tepatnya malas, sehingga kemampuannya sebagai shinobi tidak sehebat naruto atau neji, hanya saja, ia selalu melatih kemampuan menyusun strateginya melalui Shogi, atau catur Jepang bersama Asuma yang mengaku selalu kalah, walaupun saat ini Shikamaru bermain dengan Shikaku, ayahnya.

    Ino Yamanaka

Ino Yamanaka (山中いの Yamanaka Ino?) adalah tokoh fiktif di serial anime dan manga Naruto. Seiyuu Ino adalah Ryouka Yuzuki, yang juga telah mengisi berbagai anime Jepang.

  Pada kemunculan awal, jurus-jurus yang dikeluarkan Ino adalah jurus andalan klannya, yaitu shintenshin dan juga jurus-jurus ninja lainnya. Sementara di Naruto Shippuden, Ino adalah seorang ninja medis yang hanya bisa menyembuhkan luka kecil saja. Ino cepat akrab dengan Sai, teman rekan Sakura. Sama seperti Sakura, Ino menyukai Sasuke Uchiha. Sebagai saingan, mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan Sasuke, yang tidak pernah melirik Ino maupun Sakura atau gadis-gadis lainnya sedikitpun. Sebagai gadis yang cantik, Ino cepat bergaul dengan siapa pun. Meskipun sedikit genit, ia feminim dan merupakan orang pertama yang mengajarkan bagaimana cara berdandan atau bersolek pada Sakura. Meski bersaing, mereka mulai berteman kembali pada Naruto Shippuden. Hobi Ino adalah merangkai bunga dan bersolek.

    Chouji Akamichi



Chouji adalah seorang shinobi yang kuat dan setia kawan. Menyukai memakan snack kentang goreng dan makan yakiniku bersama kelompok asuma, sahabat Shikamaru dari kecil. Chouji mengangap Shikamru adalah ninja yang hebat dan lebih kuat dari siapapun. 'Gendut' adalah kata tabu baginya.


Kurenai Yuhi

Kurenai Yuhi (夕日紅 Yūhi Kurenai?) adalah tokoh fiksi pada seri manga dan anime Naruto. Tidak banyak yang diketahui dari karakter Kurenai Yuhi ini namun dia adalah guru dari Hinata Hyuga, Kiba Inuzuka, dan Shino Aburame. Ia juga merupakan istri dari Asuma Sarutobi. Pada saat Asuma meninggal, Kurenai telah mengandung anak dari Asuma Sarutobi. Kurenai merupakan pengguna Genjutsu. Kurenai pernah bertarung dengan organisasi Akatsuki pada saat Itachi Uchiha datang ke Konoha, Asuuma bertarung melawan Kisame, sementara Kurenai berusaha menjebak Kisame dan Itachi dengan genjutsu miliknya. Namun, karena sharingan milik Itachi Uchiha, terjadilah jurus penukaran sehingga Kurenai terjebak dengan genjutsu-nya sendiri. Setelah dua tahun berlalu Kurenai berpasangan dengan Asuma, dan ia hamil. Tetapi ketika Kurenai sedang hamil, Asuma tewas karena bertarung dengan Akatsuki, Tsunade berniat untuk memberitahukan kematian Asuma padanya, namun Shikamaru, yang merupakan murid Asuma, mengatakan bahwa ia sendiri yang akan memberti tahu Kurenai. Kurenai sangatlah terpukul karena kematiannya pasangannya, sementara Shikamaru kemudian bertekad untuk melindungi Kurenai dan menjadikan anaknya sebagai murid ketika sudah besar.

Kiba Inuzuka

Kiba Inuzuka (犬塚キバ Inusuka Kiba?) adalah salah satu karakter dalam cerita fiksi dan manga Naruto. Inuzuka bisa diartikan "klan/perkumpulan anjing" yang dipakai sebagai salah satu nama klan yang cukup kuat di zaman Edo. Mereka dikenal sebagai "pejuang anjing" dan menyembah "Inu" atau anjing dalam perlambangan zodiak. "inuzuka" juga sebuah nama dalam cerita Hakkenden, novel seekor samurai anjing. "Kiba" berarti "taring".
Kiba adalah shinobi seangkatan dengan Naruto yang sama berisik dan hiperaktifnya dengan Naruto. Kiba adalah shinobi penyayang binatang yang baik hati & bisa diandalkan juga sangat menyukai Hinata Hyuga. Dia tergabung dalam tim 8 asuhan Kurenai Yuhi. Dia berasal dari klan Inuzuka, yang menggunakan anjing sebagai senjata ninja dan partner pertarungan bagi anggota klan tersebut. Anjing yang menjadi sahabatnya bernama Akamaru. Bersama Akamaru, Kiba biasa melakukan jalan-jalan pagi dan berlatih bersama. Keduanya dapat mengeluarkan jurus gabungan yang kuat untuk ukuran genin saat bertarung

Hinata Hyuuga

Hinata Hyuuga adalah tokoh fiksi dari anime dan manga yang berjudul Naruto karya Masashi Kisimoto. Hinata adalah salah keturunan dari klan Hyuga. Ia memiliki seorang adik bernama Hanabi Hyuuga, dan ayah bernama Hiashi Hyuuga. Saudara sepupunya bernama Neji Hyuuga. Neji Hyuuga pernah melawannya saat ujian Chunnin berlangsung.  Hinata memiliki status souke di klan Hyuuga. Ia adalah seorang perempuan ningrat yang memiliki harga diri yang tinggi.
Hinata dimasukkan ke tim Kurenai setelah lulus dari akademi. Hinata adalah rekan seangkatan Naruto yang paling muda. Hinata juga merupakan satu-satunya perempuan seangkatan Naruto yang tidak menyukai Sasuke. Dia memang tidak meyukai Sasuke, tapi dia menyukai Naruto Uzumaki. Dengan tegar dan ikhlas, Hinata menghadapi dan menerima perlakuan yang keras, kasar, brutal dan pelecehan dari banyak orang (terutama dari Neji Hyuga dan Hiashi Hyuga), yang ajaibnya selalu Hinata terima dengan ikhlas dan sabar (padahal Hinata berulang kali sekarat akibat penganiayaan sadis mereka yang tiada henti). Hal inilah yang menjadikan Hinata menjadi agak tertutup. Hinata tidak pernah mengadukannya kepada siapapun, termasuk Kurenai Yuhi yang sudah Hinata anggap sebagai ibunya sendiri. Itu semua karena Hinata tidak ingin membebani siapapun dengan masalahnya, selain itu Hinata tidak pernah berhenti berharap supaya mereka mengubah perilaku mereka.  Hinata adalah gadis yang selalu amat sangat percaya pada kebaikan hati semua mahluk hidup, terutama manusia. Hinata bahkan membalas kejahatan dan kekejaman mereka dengan memberikan ucapan dan perasaan maaf. Dalam misi, dia adalah anggota paling pemalu dan lemah lembut. Ciri khas Hinata selain mata, wajah, tubuh, kemampuan, pikiran, kepribadian yang lemah lembut adalah sifat alaminya yang sangat pemalu. Selain ketahanan fisiknya yang lemah, sifatnya yang terlalu mudah percaya dan iba kepada siapapun sehingga membuatnya mudah diserang dan kesehatannya yang amat sangat rapuh, ia merupakan seorang kunoichi dengan bakat alam dan kemampuan medis nomor satu di dunia ninja. Hinata adalah harmoni yang sempurna antara kemampuannya sebagai Yamato Nadeshiko (keahlian memasak, menjahit, beres-beres, bersih-bersih, mengurusi dan merawat anggota keluarga serta teman-temannya dengan sempurna). Sebanding dengan kecantikannya, Hinata merupakan satu-satunya kunoichi yang menguasai 7 elemen dengan baik di usia 11 tahun. Ia memiliki akurasi serangan dengan persentase keakuratan 100%, kemampuan ini setingkat dengan Kabuto Yakushi dan Haku juga Shizune. Kemampuan khusus yang ia miliki adalah byakugan dan ilmu beladiri jyuuken (pukulan lembut dan pengobatan) yang merupakan seni beladiri khas klan Hyuga. Jyuuken sangat mematikan karena cukup dengan sentuhan lembut bisa menghancurkan organ tubuh bagian dalam dan menghentikan aliran chakra yang terkena jurus ini. Hanya karena ketidak-tegaannya untuk melukai lawan-lawannya serta keinginannya untuk tidak menonjol, Hinata sangat jarang sekali menggunakan jurus-jurusnya yang mematikan.

Shino Aburame
Shino Aburame (油女シノ Aburame Shino?) adalah salah satu tokoh protagonis dalam manga dan anime Naruto. Shino adalah nama yang diberikan oleh samurai Inuzuka yang ada dalam cerita Hakkenden, cerita tentang samurai anjing. "Aburame" berarti "Wanita Minyak" sedangkan nama lengkapnya "Aburame Shino" hampir menyerupai nama Jepang untuk kecoak (油虫 aburamushi?).

Shino adalah genin di desa Konoha yang seangkatan dengan Naruto Uzumaki, tokoh utama Naruto. Dia adalah keturunan klan Aburame yang bisa mengendalikan serangga khusus yang bersarang di tubuh mereka sejak lahir. Serangga ini bersarang di tubuh mereka dan sebagai imbalannya dapat digunakan sebagai senjata bagi inangnya. Shino adalah orang yang tenang, berkepala dingin, sensitif, agak cemburuan (Kiba adalah rival abadi Shino dalam memperebutkan Hinata) mudah tersinggung, serius, profesional, jenius, bisa diandalkan, logis dan cenderung tertutup. Dia bahkan tidak pernah terlihat tertawa. Dia pernah sekali tertawa terbahak-bahak karena racun tertawa di anime filler.  Dia selalu mengenakan kacamata hitam, yang menambah kesan misterius pada dirinya. Kemampuannya sebagai ninja sangat hebat, dengan menggunakan serangga-serangga yang bisa diperintahnya, dia berhasil mengalahkan Kankurou. Dalam Naruto Shippuden, penampilannya sedikit berubah. Dia mengenakan tudung dan jaket yang menutupi hampir seluruh tubuh atasnya kecuali bagian sekitar mata, yang membuatnya sulit dikenali oleh Naruto. Shino tersinggung ketika Naruto mengenali rekan satu tim Shino, Kiba Inuzuka dan Hinata Hyuga, tapi tidak mengenalinya.  Walau Shino hanya muncul sekilas dalam Naruto Shippuden, Dia adalah salah satu tokoh penting dalam serial ini seperti dalam ujian Chunin.

 Gaara

 Gaara adalah nama seorang tokoh fiksi dalam serial manga dan anime Naruto. Gaara adalah seorang anak kazekage ke-tiga yang mempunyai kekuatan untuk mengendalikan dan mengontrol pasir. Ciri khasnya adalah gentong pasir yang selalu dibawa-bawa di punggungnya dan luka bertuliskan "ai - cinta" pada dahinya.  Setelah kematian ayahnya yang merupakan Kazekage, Gaara pun menjadi Kazekage berikutnya. Kakaknya, Temari dan Kankurou menjadi jounin di desa Sunagakure dan mendampingi Gaara dalam menjalankan tugas-tugasnya.


Gaara memiliki kemampuan yang hebat, yaitu memanipulasi pasir. Pasir ini dapat menjadi shuriken, tameng, klon, bahkan ombak sekalipun. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan bijuu ekor satu, yaitu Shukaku. Meski hanya ditampilkan sekali, tapi kemampuannya luar biasa.

  Kankurō


 Kankurō (カンクロウ Kankurō?) adalah nama seorang tokoh fiksi dalam serial anime dan manga Naruto.  Nama "Kankurō" berasal dari nama seorang ninja terkenal yang sering digambarkan sedang bersama seekor gagak (Karasu) yang menjadi hewan peliharannya. "Kankuro" juga merupakan nama dari banyak aktor Kabuki terkenal yang biasanya mengecat wajahnya dan berbicara dengan gaya yang unik.  Kankuro adalah anak kedua dari Kazekage ke-4. Dia adalah kakak dari Gaara dan adik dari Temari. Kankuro diceritakan kurang menyukai anak-anak. Makanan favoritnya adalah hamburger sementara makanan yang tidak disukainya adalah bayam.  Kankuro menggunakan boneka sebagai senjatanya. Pada permunculan pertamanya, ia hanya membawa Karasu (烏, Karasu? "Crow"), sebuah boneka yang biasa dibawa di punggungnya.

 Kankuro adalah seorang ninja Suna yang bertarung menggunakan Kugutsu/boneka. Dia, Temari dan Gaara adalah bersaudara. Ayah mereka adalah Kazekage ke-4. Dia selalu menggunaka riasan Kabuki di wajahnya. Setelah part II, dia membawa gulungan kertas di punggungnya, bukan Karasu seperti di part I. Dia sangat menyayangi Gaara. Bahkan,saat Akatsuki hendak menculik Gaara,Kankurou melawannya sampai cedera parah. Kemampuannya sebagai kugutsunya tidaklah mengecewakan, tetapi dengan telak dia kalah dari Sasori yang tak lain pembuat boneka yang digunakannya.

 Temari

 Temari adalah nama seorang tokoh fiksi dari anime dan manga Naruto. Ia adalah tokoh utama wanita dari Sunagakure yang merupakan kakak dari Kankurou dan Gaara. Temari pertama kali muncul di Ujian Chuunin. Temari juga berarti bola untuk mainan anak perempuan di Jepang yang dibuat dari benang, kain, atau karet. Pengisi suara Temari adalah Paku Romi, seiyuu yang sering mengisikan suara untuk tokoh laki-laki di anime sehingga suara Temari agak berat, mirip laki-laki.

 Temari adalah gadis yang menggunakan kipas super besarnya untuk menyerang. Ia dapat membuat tubuh lawannya tergores-gores hanya dengan tiupan angin yang sangat kencang dari kipas besarnya tersebut.  Temari adalah kakak sulung Gaara dan Kankurou. Mereka bertiga adalah anak Kazekage keempat.  Setelah ujian Chuunin, Temari menjadi dekat dengan Shikamaru. Saking dekatnya mereka sampai diejek Naruto berpacaran walaupun keduanya berkelit.

    Jiraiya

Jiraiya (自来也 Jiraiya?) adalah seorang karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Nama kanjinya (自来也) memiliki arti "datang karena keinginan sendiri", yang banyak digambarkan oleh kelakuannya; datang dan menghilang dari desa Konoha secara tiba-tiba kapan saja ia mau.  Nama Jiraiya, Tsunade dan Orochimaru berasal dari cerita kuno Jiraiya Goketsu Monogatari (児雷也豪傑物語, "Legenda Jiraiya si pemberani") dari literatur Jepang. Jiraiya dalam cerita ini memiliki kemampuan untuk memanggil seekor kodok besar (kodok itu sendiri kadang-kadang disebut sebagai "Jiraiya") dan seekor kodok ajaib. Pada cerita itu, Jiraiya dan Tsunade adalah sepasang suami istri. Dalam cerita ini juga, namanya ditulis sebagai "児雷也" yang berarti "Petir Muda" yang berasal dari nama Garaiya (我来也, aku telah datang) dari Kaishi (諧史), cerita kuno yang berasal dari Tiongkok.

 Jiraiya memiliki karakteristik yang unik dan mencolok. Dengan mudah orang bisa mengenalinya. Rambut putihnya yang amat panjang dan mirip duri, mukanya yang dicat seperti pementas kabuki dan badannya yang besar, serta kelakuannya yang super mesum dengan mudah dikenali semua orang. Badannya besar dan tinggi, sehingga ia mudah dikenali jika berdiri di antara orang-orang.

Jiraiya, sebagai sannin memiliki simpanan jutsu yang amat banyak. Saat pertama muncul, dia sudah mengeluarkan Kuchiyose no Jutsu, jurus legenda yang hanya dikuasai beberapa orang. Pengetahuan dan penguasaan atas segel gaib/fuuinjutsu juga amat luas, salah satu contohnya ialah ketika dia melepas segel gaib pemberian Orochimaru. Koleksi jutsunya juga sangat banyak, seperti jutsu gabungan antara dia dan Gamabunta, jutsu-jutsu elemen tanah dan mungkin masih banyak lagi yang lain.  Kemampuan aslinya dikeluarkan ketika cerita masuk di part II, ketika Jiraiya berhadapan langsung dengan ketua Akatsuki alias Pain atau Nagato yang sebenarnya murid Jiraiya sendiri ?( Buka halaman Pai di Daftar anggota akatsuki ). Dia ditunjukkan menguasai berbagai jutsu atau jurus yang berhubungan dengan segel, pemanggilan kodok dan jurus ninjutsu. Jurus andalan Jiraiya sejauh ini adalah Rasengan mirip kepunyaan Naruto Uzumaki dan yang diciptakan oleh seorang Hokage keempat yang bernama Minato Namikaze hanya saja lebih besar dan jurus pemanggilan tetua kodok "kakek" dan "nenek", yang bertengger di pundak Jiraiya dan bisa membantunya dalam pertempuran, mereka juga sangat membantu dalam meloloskan Jiraiya dari keadaan bahaya. Jurus terkuat pasangan kodok itu ialah genjutsu atau ilmu ilusi yang membuat lawannya terperangkap dalam kubah air dalam alam bawah sadar, sementara Jiraiya membunuh lawannya di dunia nyata.

    Orochimaru


 Orochimaru dikenal sebagai ninja yang berbakat dan disegani di konoha, dia merupakan murid kesayangan gurunya Hokage 3 Hiruzen Sarutobi. Selama di konoha Orochimaru memiliki rekan tim yaitu Jiraiya dan Tsunade, dan memiliki seorang murid yaitu Anko Mitarashi. Orochimaru sangat terobsesi dengan Kinjutsu (Jurus Terlarang). Diduga sifatnya yang aneh itu karena dia ingin bertemu orang tuanya kembali yang telah lama mati. 
 Orochimaru adalah salah satu Legenda Sannin bersama Jiraiya dan Tsunade, Julukan itu didapatnya karena berhasil bertahan dalam perang besar melawan Hanzou. Namun Orochimaru terobsesi dengan jurus-jurus terlarang dan mencari keabadian, dia mengatakan bahwa umur manusia terlalu singkat sehingga dia menciptakan jurus berpindah tubuh sehingga dia bisa pindah ke tubuh orang lain jika tubuh lamanya telah rusak. Diduga perubahan sifatnya itu karena dia ingin bertemu orang tuanya kembali yang telah lama mati. Orochimaru juga sempat menjadi kandidat hokage. Orochimaru menculik banyak ninja konoha dan menjadikannya objek penelitiannya, dia juga menggunakan 60 anak untuk dijadikan percobaan sel Hashirama Senju, namun dari percobaannya itu ada satu orang yang selamat, Yaitu Yamato.  Orochimaru meninggalkan desa karena apa yang dia lakukan diketahui oleh Hokage 3. setelah meninggalkan desa dia mendirikan desa Otogakure dan menjadi pemimpinnya disana, Orochimaru memiliki banyak pengikut dan pengikut setianya adalah Yakushi Kabuto dan beberapa dari mereka diberikan kekuatan Segel Kutukan (Joutai) seperti Kimimaru, Tayuya, Sakon dan Ukon, Juugo, Kidomaru, Jirobou, bahkan Sasuke dan Anko. Orochimaru pernah menjadi Anggota akatsuki dan berpasangan dengan Sasori, sebenarnya tujuan Orochimaru di akatsuki adalah mencuri tubuh Itachi, namun Itachi berhasil mengalahkannya dan memotong tangannya, hingga saat ini cincin akatsuki orochimaru masih berada pada tangan lamanya. Orochimaru menganggap Akatsuki adalah penggangu yang menghalangi rencananya.



 Tsunade

Tsunade adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Ia adalah cucu dari Hokage Pertama, keponakan dari Hokage Kedua, dan kunoichi dari tiga sennin legendaris dan sekarang dikenal sebagai Hokage Kelima. Tsunade adalah seorang ninja medis dan juga "penjinak siput". Perlu diketahui bahwa Tsunade adalah Hokage sekaligus Kage wanita pertama di seluruh dunia.
Nama Jiraiya, Tsunade dan Orochimaru berasal dari cerita kuno Jiraiya Goketsu Monogatari (児雷也豪傑物語, "Legenda Jiraiya yang pemberani") dari literatur Jepang. Pada cerita itu, Jiraiya dan Tsunade adalah sepasang suami istri. Nama "Tsunade" (綱手) sendiri berarti "menambatkan tali".
Kata "Hime" (姫, "Putri") ditambahkan kedalam nama Tsunade, konon disebabkan karena dia adalah cucu dari Hokage Pertama. Bagaimanapun, alasan utama orang memanggilnya dengan sebutan putri disebabkan rasa segan dan takut mereka terhadapnya, atau mungkin juga sebutan itu digunakan untuk "menjilat" Tsunade yang terkenal. Tsunade terkenal dengan dadanya yang besar, kekuatannya yang mengerikan, dan hatinya yang lembut.

Kemampuan Tsunade sebagai ninja medis maupun petarung sudah tidak diragukan lagi. Kemampuan medis dan kecerdasannya yang mengagumkan, seperti kemampuannya untuk melakukan regenrasi dengan segel bayangan. Kekuatan fisiknya amat mengerikan. Kabuto menggambarkannya sebagai "Sekali kena maka habis sudah". Dengan satu jari bisa membelah tanah, tendangannya menghancurkan daerah sekitarnya, bahkan menggunakan pisau milik gamabunta yang panjangnya 10-15 kali besar tubuhnya. Dia juga bisa menggunakan Kuchiyose berupa siput. Sewaktu kanak-kanak, jiraiya pernah dipukul olehnya dan terpental sampai 100 m. Tidak ada yang selamat jika sudah mengenai pukulan Tsunade. Menurut cerita yang diceritakan Yamato kepada Naruto, Jiraiya pernah hampir kehilangan nyawanya. Enam tulang rusuk patah akibat dipukul sekuat tenaga oleh Tsunade, penyebabnya karena Jiraiya bermaksud untuk mengintip pemandian wanita. Semua kemampuan Tsunade diturunkan kepada Sakura, yang menurut Jiraiya adalah pewaris tenaga Tsunade alias Tsunade Kedua. Demikian pula Tsunade, yang menganggap kalau Naruto adalah Jiraiya Kedua. Mereka juga yakin Sasuke adalah pewaris tenaga Orochimaru.

 Sarutobi Hiruzen

Hiruzen Sarutobi (猿飛ヒルゼン Sarutobi Hiruzen?), yang bergelar sebagai Hokage ke-3, adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Nama keluarganya terinspirasi dari nama Sarutobi Sasuke. Sarutobi berarti "Melompat seperti monyet," dan hewan panggilan tokoh ini adalah seekor monyet.  Masashi Kishimoto, pengarang komik ini, awalnya merencanakan gelar Hokage ke-3 diberikan kepada seekor anjing, tetapi rencana ini dibatalkan karena dianggap terlalu aneh. Banyak aspek dalam karakter ini yang mirip dengan cerita klasik "Perjalanan ke Barat" dari Tiongkok (Xi Hu Chuan); monyet yang ia panggil sangat mirip sekali dengan Sun Go Kong, tokoh protagonis dari cerita tersebut, dan senjata utama Sarutobi mirip dengan tongkat sakti mirip Sun Go Kong.

 Sarutobi adalah murid dari Hokage ke-2. Dia bersama dua orang temannya mitokado homura dan utatane koharu menjadi bimbingan Hokage ke-2. Setelah dewasa, dia membimbing tiga orang anak yang akan menjadi Sannin legendaris, yaitu Tsunade, Jiraiya, dan Orochimaru.

 Sarutobi adalah Hokage ke-3 di Konoha. Perawakannya seperti kakek-kakek seperti pada umumnya. Rambutnya yang mencuat ke atas mirip seperti anaknya, Asuma dan cucunya, Konohamaru. Matanya agak sipit dan bola matanya berwarna hitam. Dia tidak memiliki kumis, tetapi memiliki sejumput janggut. Kemiripannya dengan Asuma bisa dilihat apabila dia melepas capingnya. Penampilannya sehari-hari sangat khas. Dengan jubah putih dan caping, dia bisa dikenali dengan mudah. Dia juga sering diperlihatkan menghisap cerutu. Kalau dibutuhkan, dia akan menggunakan jubah tempurnya, yang menyerupai baju zirah samurai tetapi tanpa pelindung dada.

 Sarutobi adalah seorang hokage yang tangguh. Pada masa muda, dia juga menjadi guru bagi Jiraiya, Tsunade, dan Orochimaru. Salah satu muridnya pun telah menjadi seorang Hokage, yaitu Tsunade. Sarutobi disebut juga sebagai profesor di dunia ninja karena bisa menggunakan banyak sekali jutsu di dunia ninja.

Hashirama Senju
Hashirama Senju (千手 柱 间, Senju Hashirama), Hokage Pertama (初 代 火影, Shodai Hokage; Secara harfiah berarti "Fire Shadow Pertama atau Pendiri"), adalah pendiri Konoha, kakak Tobirama Senju (Hokage Kedua), dan kakek dari Tsunade (Hokage Kelima), dan Nawaki.
Hashirama awalnya merupakan pemimpin klan Senju. Selama perang ninja pertama ia dan klan Senju dianggap menjadi sebagai salah satu dari dua klan terkuat di dunia, menyaingi klan Uchiha. Karena itu, Senju terus bersaing dengan klan Uchiha dan ia sendiri melawan Madara Uchiha secara pribadi, bahkan sampai-sampai ketika seseorang menyewa klan Senju, sisi yang berlawanan akan menyewa klan Uchiha, dan sebaliknya. Akhirnya setelah melalui pertarungan yang melelahkan, Hashirama dan klannya mendatangi Uchiha dan menawarkan gencatan senjata dengan mereka. Persekutuan antara kedua kelompok mulai berkembang menjadi sebuah sistem Desa yang dikenal dengan nama Konohagakure.
Ketika desa memutuskan siapakah yang pantas menjadi pemimpin Konoha, Hashirama terpilih menjadi Hokage Pertama. Khawatir bahwa Hashirama akan menindas Uchiha, Madara meninggalkan desa dan menentang kepemimpinan Hashirama. Pertempuran antara mereka berdua pun akhirnya terjadi, pertarungan hebat antara dua orang shinobi yang ditakuti ini sampai membentuk kerusakan yang dahsyat hingga melahirkan sebuah lembah yang kini dikenal dengan nama "Lembah Akhir". Untuk memperingati pertempuran hebat ini, diukirlah patung dari dua tokoh tersebut.

 Tobirama Senju
Tobirama Senju (千手 扉 间, Senju Tobirama), Hokage Kedua (二代 目 火影, Nidaime Hokage; Secara harfiah berarti "Kedua Fire Shadow"), adalah adik dari Hashirama Senju (Hokage Pertama) dan cicitnya dari Tsunade ( Kelima Hokage) dan Nawaki.
Tobirama adalah anggota klan Senju bersama dengan kakaknya Hokage Pertama, Hashirama. Ketika Hashirama memulai perjanjian damai dengan Madara Uchiha, Tobirama membantu mereka mendirikan Konoha. Ketika Hokage Pertama meninggal, Tobirama ditunjuk sebagai Hokage Kedua. Dia bertanggung jawab untuk membangun sistem organisasi Konoha dengan mendirikan berbagai organisasi, seperti Academy Ninja, ANBU, Ujian Chunin dan Polisi Militer Konoha, yang dibuat sebagai bentuk kepercayaan terhadap klan Uchiha. Namun, menurut Madara, Polisi Militer benar-benar didirikan untuk menjauhkan Klan Uchiha dari pemerintahan desa dan di bawah pengawasan ketat ANBU.
Tobirama melatih timnya sendiri, yang terdiri dari 3 orang: Hiruzen Sarutobi, Homura Mitokado, dan Koharu Utatane dan dipimpin langsung oleh dirinya sendiri. Selama perang ninja pertama, Tobirama dan tim nya beserta 3 orang lainnya Danzō Shimura, Kagami Uchiha dan Torifu Akimichi, sedang dihadapi situasi sulit. Mereka terkepung oleh 20 Jonin (ninja elit) dari desa Awan (Hidden Cloud) yang dipimpin oleh Ginkaku dan Kinkaku (Gold & Silver Brothers). Tobirama, menyadari bahwa satu-satunya cara untuk bisa lolos dari kepungan tersebut adalah mengorbankan salah satu dari mereka untuk menjadi umpan.
Dan Dia memilih mengorbankan dirinya setelah memilih muridnya kesayangannya Hiruzen Sarutobi untuk melanjukan tugasnya sebagai Hokage dengan Homura dan Koharu sebagai penasehatnya. Setelah memberikan gelar Hokage kepada Hiruzen, Tobirama pergi untuk melawan musuh di mana ia meninggal dengan terhormat dalam pertempuran.
Tobirama bangga dengan kemampuannya yang dapat memanipulasi elemen air. Dia juga memiliki rasa humor bahkan dalam situasi stres, Tobirama menunjukkan kesetiaan pengabtiannya terhadap desa.

 Minato Namikaze


 Dalam serial manga dan anime Naruto, Minato Namikaze (波風ミナト Namikaze Minato?), juga dikenal sebagai Hokage Keempat (四代目火影 Yondaime Hokage?) atau Yondaime Hokage, adalah seorang ninja yang telah menyegel siluman rubah berekor sembilan kedalam tubuh anaknya, Naruto Uzumaki. Setelah melakukan penyegelan dan meyakinkan penduduk agar tidak menganggap Naruto sebagai monster melainkan sebagai pahlawan, Minato meninggal akibat efek samping dari jurus tersebut.  Minato digambarkan sangat mirip dengan anaknya, dan mereka memiliki sejumlah hubungan dan persamaan. Minato bersama dua orang genin yang tidak dikenal adalah murid dari Jiraiya. Ia juga merupakan guru dari Kakashi Hatake, Obito Uchiha, and Rin Nohara. Minato Namikaze memiliki seorang istri bernama Kushina Uzumaki dan seorang putra bernama Naruto. Nama Naruto mengikuti nama keluarga ibunya, yaitu Uzumaki.

 Dikatakan bahwa Minato merupakan ninja terhebat yang dihasilkan Konoha, dengan bakat alami yang sangat jarang. Minato menciptakan beberapa teknik istimewa, termasuk Hiraishin no Jutsu (飛雷神の術) yang bisa membuatnya tiba di lokasi manapun secara cepat, dengan menggunakan segel khusus, atau jutsu-shiki (術式). Dengan menggabungkan segel kedalam sebuah kunai atau musuh, Minato dapat berpindah tempat ke lokasi segel tanpa menarik perhatian. Kemampuan ini membuatnya dijuluki sebagai "Konoha's Yellow Flash" (木ノ葉の黄色い閃光 Konoha no Kīroi Senkō) atau Si Kilat Kuning dari Konoha karena kecepatannya bergerak (dengan rambut kuningnya) hampir tak pernah dapat dilihat bahkan tanpa jurus pun, hal ini ditunjukan seperti refleks instan dan memang kecepatan aslinya.

Madara Uchiha

  Madara Uchiha (うち は マダラ, Uchiha Madara) adalah seorang ninja terkenal di Klan dan seluruh dunia shinobi pada saat itu. Dia adalah memimpin klan Uchiha dan juga pendiri Konohagakure.  Madara uchiha adalah pemimpin dari klan Uchiha dan musuh utama di dalam sejarah dunia ninja, Madara adalah ninja pertama yang memiliki Eternal Mangekyo Sharingan (Eien no Mangekyo Sharingan). Setelah mencangkok mangekyo sharingan milik adiknya sendiri yaitu Izuna Uchiha. Itachi Uchiha mengatakan bahwa mata Sharingan Izuna diambil paksa oleh Madara, Namun Madara tetap bersikeras bahwa Izuna telah rela menyerah mata demi kebaikan saudaranya dan seluruh klan.

Namun Madara yang memiliki Eternal Mangekyou Sharingan tidak berkutik di hadapan Hashirama Senju. Madara di kalahkan hokage pertama di lembah kematian. Tapi tidak ada yang menemukan jasadnya. Ternyata madara selamat dari kematian,kemudian madara yang berhasil merampas sampel elemen kayu dari hokage pertama. Menggunakannya ke tubuhnya. Dan terus bereksperimen. Sampai terlahirnya zetsu. Sebelum kematiannya madara sempat membangkitkan rinnegan dan menolong Obito Uchiha untuk dapat selamat dari reruntuhan batu saat itu. Madara ingin Obito membalas budi kebaikannya. Yaitu dengan membantu rencananya. 



Madara kembali hidup disaat perang dunia ninja yang keempat menggunakan kinjutsu Edo Tensei. Madara ET memiliki kekuatan luar biasa dari Madara dahulu. Namun setelah Edo tensei terlepas, madara tidak hilang begitu saja. Madara mengetahui bahwa dia dibangkitkan oleh Edo Tensei dan merusak segel perjanjian edo tensei. Akibatnya madara hidup bebas, memiliki tubuh abadi dan mempunyai chakra yang tidak terbatas. 

Kelima kage pun yang pada saat itu menghadapinya pingsan dan tidak bisa mengalahkan Madara. Madara kemudian bergabung dengan Obito Uchiha untuk menjalankan rencananya yaitu membangkitkan juubi dan menggunakan mugen tsukuyomi kepada dunia. 

Obito 

Obito adalah anggota Klan uchiha, tapi ia tidak berbakat seperti kebanyakan anggota klan uchiha (jika dibandingkan itachi, sasuke, madara ataupun izuna)
Ia memiliki prinsip untuk lebih mendahulukan membantu orang tua di banding keperluannya sendiri. itu yang membuatnya selalu hampir telat dalam mencapai sesuatu.
Seperti saat ia hampir terlambat dalam mendaftar di Akademi Ninja.

Obito mencintai Rin, gadis yang bertemu dengannya pertama kali disaat pendaftaran Akademi Ninja,



Peristilahan


Berikut istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita ini:

Bijuu
    Siluman yang berasal dari cakra yg berjumlah besar, berjumlah 9 ekor (Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, gobi,rokubi,nanabi, hachibi, dan Kyuubi). Dan menurut para penduduk yang desanya memiliki Bijuu, satu tebasan ekor mereka dapat menyebabkan Tsunami,Gempa, dan bencana besar lainnya.
Chakra
    Tenaga yang mengalir dalam tubuh yang tersimpan setelah latihan keras dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal; terutama untuk mengeluarkan jutsu.
Hokage
    (ho = api) ninja pemimpin/terkuat di negara Api. Negara-negara lainnya memiliki kage-kage yang lain semacam Kazekage dll.
Jinchuuriki
    Orang yang ditubuhnya tersegel bijuu.
Jutsu
    Jurus, teknik, sesuatu yang digunakan oleh ninja sebagai serangan maupun pertahanan. Dibagi menjadi tiga, yaitu taijutsu, ninjutsu, dan genjutsu. Yang dimaksud dengan taijutsu adalah teknik dasar ninja berupa gerakan fisik seperti melompat, memukul, atau menendang. Ninjutsu adalah teknik ninja yang menggunakan chakra untuk mengeluarkan jutsu-jutsu dengan elemen tertentu. Sedangkan genjutsu adalah teknik ninja yang mampu membawa musuhnya ke dalam dunia ilusi. Sebenarnya masih ada satu jurus lagi yang disebut fuinjutsu atau jurus segel, contohnya segel yang ada pada tubuh sasuke yang bisa membuatnya lebih kuat meski hanya bisa sampai joutai 2 dan segel yang berada pada naruto tempat kyuubi berada.
Kuchiyose
    Kuchiyose atau "hewan panggilan" (summon) adalah hewan yang dapat dipanggil untuk kemudian digunakan untuk menyerang sebagai senajta tinja. Contohnya adalah ketika Kakashi memanggil sepasukan anjing (dog pack) untuk membantunya melawan Zabuza (versi anime: episode 6 hingga episode 12 dan versi manga dari jilid 3 hingga jilid 6), Jiraiya memangil keluarga katak Gamabunta (raja katak),Gamaken dll., Orochimaru memanggil Manda (raja ular raksasa), Tsunade memanggil Katsuyu (Siput raksasa) dan Naruto memanggil katak yang merupakan anak dari Gamabunta yaitu Gamakichi (kadang-kadang datang bersama adiknya Gamatatsu yang akhirnya cuma mengganggu saja.Sasuke pun mempunyai Summon Elang. Summon juga dapat digabungankan atau berubah bentuk bila bersatu dengan pemanggilnya.
Kunoichi
    Ninja perempuan. Seperti Sakura, Ino, Hinata, Tenten, Temari, Tayuya,Tsunade, Shizune, dan masih banyak lagi yang pokoknya ninja perempuan.
Shinobi
    Sebutan lain untuk ninja.

No comments:

Post a Comment